Tak Hanya Kasur, Tungau Juga Tumbuh di Spons Makeup, Ini Cara Mengatasinya

Jakarta - Kehadiran tungau di kasur, sofa, atau karpet tidak dapat terhindarkan. Namun pertumbuhannya bisa diminimalisir untuk menghindari timbulnya alergi, apalagi untuk Anda penderita atopi. Tungau adalah microspider transparan yang biasa tumbuh di tempat lembap, berdebu, dan permukaannya lunak.

Jika tungau diketahui hanya tumbuh di kasur atau karpet, ternyata tidak hanya itu saja. Tungau juga bisa berkembang pada spons makeup Anda. Waspadalah, jika kulit Anda sering gatal, beruntusan hingga eksim, bisa jadi tungau sudah berkembang pada spons makeup Anda.

"Spons biasanya ada bekas makeupnya, itu yang bikin jadi lembap jadi harus rajin dibersihkan. Idealnya setelah pakai langsung dibersihkan, biasanya ada sabunnya sendiri. Pastikan kering setelah dicuci," tutur dr. Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK dalam acara yang diadakan HydroClean di Veranda at Pakubuwono, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, (15/12/2016).

Pada kulit, biasanya tungau menyerang bagian-bagian yang tidak terlindungi busana. Untuk itu, Litya menganjurkan untuk mengenakan piyama panjang agar tidak terpapar tubuh atau kotorannya. Meski bisa menyerang wajah, tungau biasanya hanya menyebabkan dermatitis, seperti gatal, kemerahan, atau beruntusan namun bukan jerawat atau memicu kerutan.

dr. Litya Ayu kerap menemukan pasien yang sepertinya terinfeksi tungau. Ia pun sering menganjurkan untuk menggulung karpet yang biasanya menjadi sarang hewan kecil tersebut berkembangbiak. Selain itu, dianjurkan pula untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar Anda. Jangan 'memberi makan' tungau dengan membiarkan rumah atau kantor berdebu.

"Supaya tunggau nggak banyak, jangan dikasih makan. Tungau suka berada di tempat berdebu karena makan kulit mati dan debu organik. Untuk itu, jangan menaruh barang sembarangan sampai banyak debu. Bersihkan debu yang ada di lingkungan," ungkap Litya

Jika ingin membersihkan tungau dari kasur atau sofa, dianjurkan pula untuk tidak mencucinya. Binatang yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop itu suka kelembapan. Sedangkan ketika dicuci soft furniture biasanya tak bisa 100% kering. "Kalau lembap tungau justru semakin subur berkembang biak dan bisa menjadi pencetus alergi," kata Pratiwi Halim selaku Co-Founder HydorClean Indonesia. (ami/ami)

0 Response to "Tak Hanya Kasur, Tungau Juga Tumbuh di Spons Makeup, Ini Cara Mengatasinya"

Posting Komentar